0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan Awasi Ketat Pembangunan Fasilitas Kesehatan

timlo.net
Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (timlo.net)

Solo – Kasus penyimpangan Puskesmas Pucangsawit menjadi pelajaran penting bagi kalangan legislatif. Supaya kasus ini tidak kembali terjadi, para legislator akhirnya memperketat pengawasan termasuk ke sejumlah pembangunan. Seperti di Puskesmas Penumping dan Gilingan serta Laboratorium Kesehatan yang terletak di Kecamatan Serengan.

“Intinya, kami lebih memperketat pengawasan terhadap pembangunan sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Solo. Kami juga telah menyampaikan supaya pelaksana proyek berjalan sesuai kesepakatan yang telah terjalin,” terang Komisi IV DPRD Kota Solo, Kristianto, Senin (3/10).

Tahapan proses, terang Kristianto, harus berdasar konsep awal dan mengikuti kaedah yang berlaku. Pihaknya mewanti-wanti supaya pelaksana proyek mengikuti aturan yang berlaku. Meski secara kasat mata kualitas bangunan terlihat baik, namun ia ingin memastikan semua sesuai dengan spesifikasi.

“Apapun itu, mulai dari volume pekerjaan, pondasi, hingga campuran kan sudah ada aturannya. Finishing pun demikian,” jelasnya.

Disinggung terkait hasil pantauan Komisi IV di Laboratorium Kesehatan Serengan beberapa waktu lalu, Kristianto mengaku secara keseluruhan tak ada masalah teknis yang ditemukan. Hanya saja, pihaknya kurang puas terkait pengecoran batang kolom yang sudah dimulai. Menurutnya, keberhasilan pengerjaan pengecoran batang kolom ada pada begisting saat memasang kayu cetakan cor. Supaya, hasil cor-coran kuat dan tahan lama.

“Kalau begisting benar, pasti hasilnya akan kuat dan kokoh,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Hartanti meyakini pengerjaan sejumlah fasilitas kesehatan yang ada di Solo bakal rampung sesuai target. Meski begitu, kondisi cuaca yang tak menentu saat ini menjadi kendala utama pengerjaan proyek tersebut.

“Secara proses sudah sesuai. Tapi, kami terus lakukan pemantauan, supaya tidak terjadi kasus seperti Puskesmas Pucang Sawit,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge