0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ruhut Sitompul Dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan

dok.merdeka.com
Ruhut Sitompul (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Politisi Demokrat, Ruhut Sitompul, dilaporkan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Dia diduga melakukan pelanggaran kode etik dan pencemaran nama baik Supiyadi di situs microblogging Twitter.

Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding mengatakan dari laporan Supriyadi, Ruhut telah melanggar Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik dan aturan kode etik DPR. Hal ini, lantaran Ruhut diduga melontarkan kata-kata kasar di media sosial.

“Supiyadi melaporkan Ruhut terkait pelanggaran UU ITE dan kode etik DPR. Di mana dalam Twitter yang bersangkutan ada kata-kata atau kalimat yang dianggap kurang elegan disampaikan dalam ruang publik. Sehingga yang bersangkutan menyampaikan pengaduan ke MKD,” kata Sudding, Senin (3/10).

Pihaknya telah melakukan rapat pleno MKD untuk menelusuri pelanggaran kode etik yang dilakukan Ruhut. Rencananya, Senin (10/10) pekan depan, MKD akan memanggil sejumlah saksi untuk mendalami bukti yang disertakan Supiyadi dalam laporannya.

“Minggu depan hari Senin kita akan mendengarkan keterangan pihak pengadu sekaligus juga kita akan memanggil saksi ahli IT, dan juga saksi ahli pidana dan berikutnya kita akan mendengarkan keterangan pihak-pihak,” tegasnya.

Sudding menuturkan ada dua kasus yang melibatkan Ruhut. Oleh karena itu, seluruh kasus akan diakumulasi dan akan diambil keputusan terkait laporan atas perilaku Ruhut. Dari kasus ini, lanjutnya, MKD juga akan membentuk tim panel.

“Saya kira ketika kasus ini ditindaklanjuti dan diproses dan memang dianggap terbukti, saya kira akan terakumulasi pelanggaran sebelumnya, kasus ini dibentuk panel,” ujarnya.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge