0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kurangi Resiko Bencana, Gerakkan Bersih-Bersih Sungai

dok.timlo.net/tarmuji
Sejumlah relawan gelar kegiatan bersih-bersih sungai (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri terus mendorong kesadaran masyarakat dalam pengurangan resiko bencana alam. Salah satunya dengan cara yang paling kecil,yakni dengan gerakan bersih-bersih sungai. Namun upaya ini dinilai tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Yang jelas, kami siap memfasilitasi berdirinya komunitas-komunitas terkhusus relawan sungai. Tapi harus dilandasi dengan komitmen tentunya,” ungkap Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Senin (3/10).

Disebutkan, inti daripada gerakan bersih sungai ini sendiri adalah untuk kehidupan yang lebih baik. Jika alam sekitar lestari, dengan sendirinya akan membawa dampak pada manusia.

Diakui, walaupun dengan gerakan yang dapat dibilang kecil, namun hal ini tidaklah gampang. Pasalnya gerakan ini berbenturan dengan kebiasaan-kebiasaan buruk, semisal membuang sampah di kali. Sehingga harus ada relawan yang benar-benar menjadi pioner dimasing- masing lingkungan masyarakat.

“Jadi semua komunitas bisa ikut andil dalam pelestarian alam dengan program jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Seperti beberapa komunitas yang sudah melakukan program ini yakni komunitas relawan sungai di Desa Singodutan, Selogiri, yakni Singo Tirto Asri dan komunitas relawan sungai di Sukorejo, Desa Giritirto-Kedung Ringin, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, yakni Ringin Rejo,” katanya.

Ditambahkan,dengan sungai yang bersih dan terjaga kehidupan hayatinya bisa menjadi tempat rekreasi, seperti tempat memancing atau sekadar tempat bersantai. Apabila hal itu terwujud dengan sendirinya bisa mendatangka multyplier effect bagi warga sekitar. Pekan depan,imbuhnya,ribuan orang dari berbagai lapisan masyarakat bakal menggelar apel bersama dan kegiatan bersih sungai di lingkungan Sukorejo yang berbatasan langsung dengan Bengawan Solo.

“Ini sebagai pemancing digelarnya gerakan serupa di wilayah lain,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge