0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minum Kopi di Pagi Hari Merugikan Tubuh

Kopi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Kebanyakan orang memiliki kebiasaan meminum kopi di pagi hari. Tapi menurut sebuah penelitian, minum kopi di pagi hari justru merugikan kesehatan kita. Memang kopi bermanfaat untuk menolong tubuh merasa waspada dan produktif. Tapi penelitian yang dilakukan Steven Miller menyatakan jika waktu minum kopi juga penting bagi siklus energi alami kita.

Steven Miller, calon doktor dari Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat (AS) menyatakan dalam penelitiannya mengungkap efek minum kopi di waktu yang salah. Salah satu efeknya adalah terganggunya ritme sirkadian sehingga efeknya justru merugikan tubuh.

Siklus sirkadian masing-masing orang memang berbeda. Tapi biasanya orang mengeluarkan hormon kortisol antara pukul 8 hingga 9, pukul 12:00 hingga 13:00 dan pukul 17:30 hingga 18:30. Hormon kortisol menolong orang terjaga dan tidak ngantuk.

Jika kita minum kopi di antara waktu-waktu itu, efek kortisol akan menurun dan tindakan kita merugikan tubuh. Kortisol juga disebut hormon stres, berfungsi memompa gula ke dalam aliran darah untuk mempersiapkan kita beraktivitas fisik. Mengurangi kortisol membuat tubuh memproduksi lebih banyak gula. Sisa gula darah yang berlebih itu akan menumpuk di pinggang.

Waktu ideal untuk minum kopi di pagi hari, tulis Askmen, adalah pukul 9:30 hingga pukul 11:30. Dengan memastikan kita tidak minum kopi saat tubuh mengeluarkan kortisol, kita bisa beraktivitas lebih efektif.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge