0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kepopuleran Pokemon Go Benar-Benar Uji Ketangguhan Server Google

Game Pokemon Go (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Trafik online untuk Pokemon Go 50 kali lebih besar dibandingkan yang diperkirakan. Kondisi ini benar-benar menguji kemampuan layanan awan yang dimiliki Google. Informasi tersebut diungkapkan oleh Luke Stone, kepala customer reliability engineering Google dalam blog resmi Google.

Pada umumnya orang mengadopsi produk atau layanan baru perlahan-lahan, tapi tidak kali ini. Pertumbuhan Pokemon Go yang sangat tinggi saat dirilis pada Juli lalu tidak pernah dilihat oleh Luke sebelumnya.

Niantic, pengembang di balik Pokemon Go adalah perusahaan pertama yang menguji fitur baru dalam layanan dan produk berbasis awan yang disediakan Google. Dalam waktu 15 menit saat dirilis pertama kali di Australia dan Selandia Baru, permintaan akses server begitu tinggi sehingga Niantic meminta bantuan Google.

Padahal sebelumnya Niantic merancang skenario paling buruk dan menetapkan kapasitas layanan 5 kali lebih besar dari target mereka. Masalahnya, jumlah pengunjung 10 kali lebih besar dibandingkan skenario terburuk mereka. Atau dengan kata lain jumlah pengunjung 50 kali lebih besar dibandingkan target awal mereka. Oleh karena itu para pemain Pokemon Go pada awalnya mengalami masalah server.

Google dan Niantic bekerja untuk memenuhi permintaan yang naik tajam itu dengan mengupgrade sistem software mereka. Luke menggambarkan proses ini seperti halnya mengubah mesin pesawat saat pesawat sedang terbang.

Pokemon Go sendiri hingga kini didownload lebih dari 500 juta kali sejak dirilis.

Sumber: CNET.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge