0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Ikut Tax Amnesty, Pengusaha Tak Bisa Tidur Nyenyak

dok.merdeka.com
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengimbau agar pengusaha di Tanah Air segera berpartisipasi dalam program Tax Amnesty atau pengampunan pajak. Sebab, kata dia, pengusaha yang menyembunyikan hartanya dari pemerintah dipastikan tak bisa tidur nyenyak.

“Orang kan juga tak bisa lama-lama menyembunyikan asetnya. Kalau mau tidur nyenyak, ya selesaikan,” ungkap Menko Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (30/9).

Menko Darmin juga mengungkapkan ada peningkatan signifikan penerimaan dana repatriasi pada akhir periode pertama. Sebab, sejumlah pengusaha ngebut melaporkan harta kekayaannya di detik akhir.

Selain itu, pemerintah turut memberikan kelonggaran dalam sistem administrasi Tax Amnesty. “Nah dari sisi lain juga sebenarnya semakin banyak yang mengikuti (Tax Amnesty), maka makin banyak yang ikutan juga,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Dewan Pertimbangan Apindo Sofjan Wanandi mengatakan, keberhasilan Tax Amnesty ini bukti kepercayaan pengusaha dengan pemerintah terjalin dengan baik.

Apindo bahkan memprediksi uang tebusan di akhir periode I akan tembus Rp 100 triliun. “Dalam sejarah ini kolaborasi yang erat. Walau program ini terkendala PMK yang dicicil, belum juga dengan kinerja di Dirjen pajak dan negara tetangga yang kurang senang, tapi kita mencatat sejarah,” ujarnya.

Sofjan juga mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga ikut berpartisipasi Tax Amnesty. “UKM juga diharapkan untuk memanfaatkan program pengampunan pajak karena UKM tidak dapat berjalan maksimal tanpa ada kewajiban untuk membayar pajak.” [bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge