0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dokter Ini Selamatkan Nyawa Pasien di Pesawat Dengan Tusuk Gigi

Dok: Timlo.net/ Nextshark.
Dokter Tian Yu. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Seorang dokter Cina menyelamatkan nyawa seorang penumpang pesawat dengan menggunakan tusuk gigi. Dokter bernama Dr. Tian Yu itu naik penerbangan Air China CA1478 pada 23 September saat dia mendengar kru pesawat mencari dokter. Ternyata seorang penumpang mengalami kejang-kejang.

Tian, dokter ahli di departemen rematik di Longhua Hospital Shanghai, Cina berkata kepada Shanghai Daily: “Penumpang itu adalah penumpang pria berusia 35 hingga 40 tahun. Dia sepertinya tidak sadar dan busa keluar dari mulutnya.”

Yu kemudian mendiagnosa jika sang penumpang mengalami epilepsi yang bisa berakibat fatal. Dengan sumber daya yang terbatas, dia tahu apa yang harus dia lakukan. Pertama Yu meminta sendok dan handuk dari pramugari. Dia membungkus sendok itu dengan handuk dan menempatkannya ke mulut pasien untuk mencegahnya mengigit lidah.

Dari pengetahuan di bidang pengobatan tradisional, Yu kemudian meminta tusuk gigi dan menggunakannya untuk merangsang titik-titik akupuntur pasien.

“Tidak ada jarum tersedia di pesawat dan tusuk gigi bisa menjadi pengganti terbaik yang bisa saya temukan,” katanya.

Teman-teman sang penumpang memberitahukan jika dia menderita kejang-kejang epilepsi sebelumnya tapi tidak menjalani perawatan. Dia akhirnya sadar lima menit kemudian karena rangsangan jarum Yu tepat 20 menit sebelum pesawat mendarat.

Sumber: Nextshark.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge