0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMA/SMK Diambil Provinsi, Dewan Dukung Pemkot Salurkan BPKMS

dok.timlo.net/humas pks
Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro (dok.timlo.net/humas pks)

Solo – Pengelolaan SMA/SMK dipastikan berpindah ke provinsi. Praktis, wewenang anggaran operasional sekolah tak lagi berada di tangan Pemkot. Meski demikian, Pemkot Solo tetap membuat regulasi baru terkait penyaluran dana Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPKMS) siswa SMA/SMK. Hal ini mendapat dukungan dari kalangan legislator.

“Secara teknis, memberikan bantuan kepada siswa dari kalangan warga miskis atau rentan miskin diperbolehkan. Maka dari itu, rumusannya harus jelas,” terang Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Solo, Asih Sunjoto Putro, Jumat (30/9).

Menurut Politikus PKS ini, bantuan bagi siswa miskin di sekolah negeri harus tetap dipertahankan. Mengingat, masih banyak siswa dari kelompok masyarakat yang membutuhkan bantuan. Selain itu, pihaknya ingin warga Kota Solo tetap memperoleh layanan pendidikan sebaik mungkin.

“Dalam hal ini, Pemkot wajib berkoordinasi dengan provinsi terkait kewenangan apa saja yang dapat dilakukan. Sehingga tidak mengakibatkan salah langkah,” jelasnya.

Terkait status perpindahan pengelolaan tersebut, Asih mengaku potensi kendala pengawasan terhadap sekolah akan sangat rawan terjadi. Pasalnya, tak mudah bagi provinsi untuk mengawasi ribuan sekolah yang tersebar di Jawa Tengah. Akan lebih mudah apabila wewenang pengawasan diserahkan ke masing-masing daerah.

Pihaknya berharap, kepentingan siswa, terutama yang berasal dari keluarga rentan miskin, tetap menjadi prioritas.

“Kita tidak dapat mengucurkan untuk sekolahan, tapi siswanya kan anak-anak kita, jadi wajib untuk diperhatikan,” ucapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge