0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BI Luncurkan Uang dengan Gambar Pahlawan Baru

timlo.net/setyo pujis
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto (tengah) (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Bank Indonesia akan meluncurkan pecahan uang dengan gambar pahlawan baru tahun ini. Kendati demikian, uang pecahan sebelumnya yang telah beredar masih tetap akan berlaku sebelum adanya peraturan pencabutan dari pemerintah.

“Kepresnya sudah ada, jadi harapannya memang ditahun ini uang dengan gambar pahlawan baru tersebut sudah bisa segera dicetak,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Jumat (30/9).

Dirinya mengatakan, perubahan gambar pahlawan pada pecahan uang Rupiah tersebut didasarkan pada Keppres No 31 tahun 2016. Dengan adanya aturan itu sejumlah pecahan, baik uang kertas maupun uang logam akan dilakukan perubahan gambar pahlawan.

Adapun gambar pahlawan baru yang akan dipasang dalam pecahan uang Rupiah diantaranya adalah Dr (HC) Ir Soekarno dan Dr (HC) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama pecahan Rp 100 Ribu. Ir H Djuanda Kartawidjaja pecahan uang kertas Rp 50 Ribu. Dr GSSJ Ratulangi untuk pecahan Rp 20 Ribu. Frans Kaisiepo untuk pecahan Rp 10 Ribu. Dr KH Idham Chalid untuk pecahan Rp 5 Ribu. Mohammad Hoesni Thamrin untuk pecahan Rp 2 Ribu dan Tjut Meutia untuk pecahan Seribu.

Sementara untuk pecahan uang logam diantaranya, Mr I Gusti Ketut Pudja untuk pecahan Seribu. Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang untuk pecahan uang logam Rp 500. Dr Tjiptomangunkusumo untuk pecahan Rp 200, dan Prof Dr Ir Herman Johanes untuk pecahan Rp 100.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge