0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Bulan, Dua Pasar Tradisional Terapkan e-Retribusi

timlo.net/setyo pujis
Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Solo Subagiyo (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menerapkan sistem retribusi elektronik (e-retribusi) di Pasar Gede dan Pasar Gilingan pada awal Oktober. Hal itu dilakukan agar penerimaan retribusi lebih praktis dan meminimalisir kebocoran.

“Dengan penerapan sistem ini kta berharap pengelolaan retribusi lebih transparan dan akuntabel,” ujar Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Solo Subagiyo kepada wartawan kemarin.

Penerapan sistem elektronik dikedua pasar tersebut, diakuinya memang sedikit terlambat dari rencana awal. Alasannya karena ada persoalan teknis di lapangan, termasuk penyempurnaan sistem yang akan digunakan.

“Untuk penerapan sistemnya nanti sama dengan yang sudah berjalan di Pasar Depok dan Singosaren. Dimana setiap pedagang wajib membuka rekening di BTN dan selanjutnya diberikan kartu e-money sebagai alat pembayaran retribusi,” jelasnya.

Kendati program elektronifikasi tersebut segera direalisasikan, namun pihaknya mengaku belum semua pedagang terdaftar seluruhnya. Sehingga pendataan masih akan terus dilakukan, meski secara bertahap.

“Sejauh ini, pedagang di Pasar Gede yang sudah terdaftar sudah 95 persen. Sedangkan di Pasar Gilingan baru 55 persen,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge