0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

APBD Perubahan Dipangkas Rp 18 M

dok.timlo.net/agung widodo
Sekda Sragen Tatag Prabawanto (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Pengajuan APBD Perubahan 2016 Kabupaten Sragen dipangkas sebesar Rp 18 Miliar. Keputusan itu dihasilkan setelah pejabat eksekutif dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menggelar rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara (KUA PAS) di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sragen.

“Kebijakan itu karena ada defisit Rp 18 Miliar setelah adanya pemangkasan DAK (Dana Alokasi Khusus, Red) dari pemerintah pusat. Otomatis harus ada singkronisasi dengan kalangan legislatif,” kata Sekda Sragen, Tatag Prabawanto, Kamis (29/9).

Tatag menjelaskan, adanya pemangkasan DAK dari pusat itu otomatis berdampak pada kebijakan di tingkat daerah. Untuk itu perlu ada singkronisasi agar tidak terjadi defisit di keuangan daerah.

Menurutnya, dalam aturan pengajuan tidak boleh kurang dari anggaran yang tersedia. Pemkab Sragen sendiri mengajukan tambahan Rp 96 Miliar untuk APBD Perubahan, sebesar Rp 40 Miliar diantaranya digunakan untuk perbaikan infrastruktur.

Tatag menambahkan, dalam pembahasan sebelumnya sudah ada efisiensi yang disepakati. Dia berharap segera ditetapkan pada sidang paripurna.

“Agar rakyat segera menerima manfaat dari anggaran belanja daerah ini,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge