0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Damkar, SAR, dan PMI Samakan SOP

Latihan gabungan Damkar, SAR, PMI di markas Damkar Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Puluhan personel Pemadam Kebakaran (Damkar), Search and Rescue (SAR), dan Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten menggelar latihan gabungan (Latgab) di markas Damkar setempat. Latihan selama dua hari, Rabu-Kamis (28-29/9) itu bertujuan optimalisasi prosedur kerja operasi ketiga lembaga kemanusiaan tersebut.

“Selain meningkatkan kapasitas personel Damkar, latihan gabungan ini untuk menggali dan mempersiapkan diri apabila ada kejadian,” ujar Koordinator Damkar Klaten, Nur Khodik, Kamis (29/9).

Hal senada juga dikatakan Koordinator Bidang Operasi SAR Klaten, Sasongko Agung Wibowo. Meski sudah beberapa kali menggelar latihan bersama, namun pelatihan kali ini ditargetkan menghasilkan Standard Operating Procedure (SOP) bersama jika terjadi kebakaran.

“Tujuannya menyamakan persepsi untuk membentuk sebuah pola yang penanganannya efektif dan efisien,” katanya.

Ia menerangkan, setiap personel Damkar memiliki dua pondasi kemampuan, yakni pada penanganan api dan penyelamatan korban jiwa. Sementara pada sisi potensi ancaman kebakaran, di Kabupaten Klaten terdapat sejumlah gedung bertingkat seperti Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), Pasar Induk Kota, Plaza Matahari, hingga kompleks perkantoran Pemkab Klaten.

“Misal, di lantai 3 Rusunawa terjadi kebakaran, maka SAR dan PMI jadi back up, sedangkan penanganan tetap dilakukan oleh Damkar. Meskipun (SAR dan PMI) tidak menutup kemungkinan masuk di area teknis penyelamatan. Maka kendati sudah beberapa kali pelatihan bersama, tapi ini puncak untuk penanganan kebakaran yang menghasilkan SOP dan masing-masing unsur sudah tahu porsinya,” terang Sasongko Agung.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge