0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencopotan Kades Tirtomarto, Sekda : Sudah Sesuai UU

Mantan Kepala Desa (Kades) Tirtomarto, Nahrowi, menunjukkan salinan Surat Keputusan Bupati tentang pemberhentiannya (foto: Aditya)

Klaten — Pencopotan Nahrowi sebagai Kepala Desa (Kades) Tirtomarto, Kecamatan Cawas, dinilai telah sesuai perundang-undangan. Hal itu menyusul rencana gugatan Nahrowi melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Bupati dalam hal ini (SK pemberhentian) telah melaksanakan peraturan perundang-undangan. Kalau yang bersangkutan enggak terima, ya silakan,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten, Jaka Sawaldi, Kamis (29/9).

Setelah menerima salinan resmi Putusan Pengadilan Negeri (PN) Klaten Nomor 104/Pid.B/2016/PN.Kln tertanggal 20 Juni atas kasus penganiayaan terhadap warganya, Wagino (62), Pemkab Klaten lantas memproses pemberhentian Nahrowi.

Putusan PN tersebut menjadi pertimbangan tim terdiri dari Asisten Bidang Pemerintahan Setda Klaten, Inspektorat, Bagian Pemerintahan, dan Bagian Hukum untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati Klaten tertanggal 8 September 2016 tentang pencopotan Nahrowi sebagai Kades Tirtomarto.

“Karena kemarin tersangkut kasus dan sudah ada putusan pengadilan yang sah. Maka Bupati melaksanakan UU karena sudah ada putusan pengadilan yang inkracht dan memiliki kekuatan hukum. Jadi enggak terlambat, karena itu ada tim yang memprosesnya,” jelas Jaka Sawaldi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge