0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Darah A Melimpah, PMI Tunda Pendonor

kegiatan Donor darah (timlo.net/nanin)

Boyolali — Stok golongan darah A di PMI Boyolali melimpah. Jumlahnya hampir mencapai 200 kantung. Dikhawatirkan, jika pasokan berlebihan, justru tidak terserap. Oleh karena itu, PMI terpaksa menunda pendonor golongan darah A.

“KIta minta ditunda dulu untuk donor, takutnya stok banyak malah akan merusak darah,” kata Kepala Markas PMI Cabang Boyolali, Hartono, Kamis (29/9).

Dijelaskan, penyimpanan darah hanya bisa dilakukan selama sebulan. Bila lebih, maka akan merusak darah. Sedangkan biaya untuk penyimpanan darah hingga Rp 300 Ribu lebih. PMI sendiri pernah mengalami kerugian hingga Rp 50 juta karena stok darah yang ada terpaksa dibuang.

Sementara itu, kondisi berbeda justru terjadi pada stok darah golongan AB dan O yang saat ini stoknya berkurang. Selain golongan darah A, stok golongan darah B juga cukup banyak.

Selain golongan darah A, stok golongan darah B juga cukup banyak. Sebaliknya, stok untuk golongan darah AB dan O sangat kurang. Untuk itu, pihaknya mendorong para pendonor yang memiliki golongan darah tersebut segera melakukan donor.

Disisi lain, salah satu warga yang hendak mendonorkan darah A nya, Taufik, mengaku kecewa karena diminta menunda. Padahal, dirinya rutin melakukan donor darah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge