0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekonomi Lesu Tak Pengaruhi Kinerja Perbankan

timlo.net/setyo pujis
Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo (tengah) (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Lesunya laju ekonomi nasional tak pengaruhi kinerja industri perbankan di Soloraya. Hal itu terbukti  dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, indikator kinerja utama perbankan pada Juli 2016 terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

“Jika dilihat dari total aset, pada Juli kemarin mencapai Rp 71,41 Triliun atau meningkat sekitar 12,2 persen secara year on year (yoy),” ujar Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo kepada wartawan, Kamis (29/9).

Sementara peningkatan sumber dana dari masyarakat juga turut mendongkrak laju pembiayaan sebesar 14,9 persen secara yoy. Atau dari Rp 53 Triliun pada Juli 2015 menjadi Rp 60,9 Triliun pada Juli 2016. Sedangkan untuk dana pihak ketiga (DPK) meningkat sebesar 14 persen, atau dari Rp 48,7 Triliun pada tahun sebelumnya, sekarang meningkat menjadi Rp 55,5 Triliun.

“Hanya saja yang disayangkan, kenaikan jumlah pembiayaan ini juga turut mendorong angka kredit macet meningkat. Dimana bulan sama tahun sebelumnya hanya 1,92 persen, sekarang menjadi 2,60 persen,” jelasnya.

Meningkatnya angka non performing loan (NPL) ini menurutnya disebabkan beberapa faktor. Diantaranya adalah kegagalan usaha yang dibiayai melalui kredit, karakter debitur  dan juga kondisi ekonomi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge