0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan Minta Hibah CSR Lebih Bermanfaat

Solo – Kalangan legislatif meminta sektor swasta menjadi mitra bagi Pemkot dalam mewujudkan akselerasi di Kota Bengawan. Mengingat, pembangunan di Kota Solo tak dapat terlaksana jika berjalan masing-masing tanpa ada sinergitas dan sinkronisasi keduanya.

“Selama ini bantuan yang diberikan oleh pihak swasta berbentuk CSR (Corporate Social Responsbility-red) selalu diberikan tiap individu. Sehingga, bantuan yang diberikan tidak nampak,” terang Anggota Komisi I DPRD Kota Solo, Abdullah AA, Kamis (29/9).

Politikus Partai Hanura itu mengatakan, CSR yang diberikan oleh pihak swasta kebanyakan berbentuk uang tunai. Ia meminta supaya Pemkot mendorong pihak swasta untuk melakukan sinkronisasi terkait CSR yang akan diberikan. Sehingga, dapat disalurkan dalam bentuk pemenuhan sarana dibidang fasilitas umum.

“Pemberian fasilitas umum juga jangan terkesan asal-asalan sehingga hasilnya mengena di masyarakat,” jelasnya.

Jika telah terbentuk sinergitas antara Pemkot dan pihak swasta maka sasaran memajukan masyarakat di Kota Solo dapat tercipta. Sejauh ini, masih sebatas praktik transaksional antara pemkot dengan perusahaan yang berwujud nominal uang. Untuk itu ia berharap dilakukan perubahan mindset baik pejabat di unit teknis pemkot maupun masyarakat yang menerima CSR tersebut.

Jika pemkot tidak dapat melakukan negosiasi tersebut dengan regulasi, bisa saja pemkot menyarankan perusahaan untuk menyalurkan CSR-nya kepada lembaga. Misalnya melalui pihak kelurahan, karangtaruna ataupun LPMK.

“Kalau langsung ke perorangan bakal terjadi kecemburuan satu diantara lain,” ucap anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan, Budi Prasetyo.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge