0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BlackBerry Memutuskan Keluar Dari Bisnis Hardware

blackberry slider dual-edge
Ponsel BlackBerry slider dengan layar lengkung. (Dok: Timlo.net/ The Verge.)

Timlo.net—Minggu lalu beredar rumor jika BlackBerry mempertimbangkan untuk keluar dari bisnis ponsel. Ternyata rumor itu benar. Selama laporan finansial mereka, perusahaan Kanada itu secara resmi mengumumkan jika mereka keluar dari bisnis hardware.

“Perusahaan berencana untuk mengakhiri semua pengembangan hardware internal dan akan menggunakan jasa para partner kami. Hal ini mengizinkan kami untuk mengurangi biaya pengeluaran dan meningkatkan kembalinya modal yang diinvestasikan,” terang CEO BlackBerry John Chen.

Perusahaan itu sendiri mengalami kerugian senilai $372 juta di kuartal ini. Penghasilan mereka mencapai $334 juta. Perlu diingat jika hal ini bukan berarti BlackBerry berhenti menjual smartphone mereka. Mereka kelak akan memproduksi smartphone dengan brand BlackBerry, tapi proses produksi akan ditangani oleh perusahaan-perusahaan lain.

Langkah seperti ini sama dengan langkah yang diambil oleh Nokia dan Google yang menyerahkan proses produksi smartphone dan tablet pada perusahaan lain. Walaupun demikian ada kemungkinan jika produk-produk BlackBerry berikutnya tidak akan memiliki desain atau fitur khas yang selama ini mereka miliki. Misalnya saja smartphone BlackBerry yang nanti dirilis bisa jadi tidak memakai keyboard fisik seperti yang selama ini ada.

Tapi Chen menyatakan jika BlackBerry akan terus hidup, dan akan berfokus pada software mereka. “Kami mencapai titik perubahan dengan strategi kami. Fondasi finansial kami kuat dan poros kami untuk software juga tetap kuat,” katanya.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge