0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Marching Band UNS Rebut Tiga Gelar IJOMC

(foto: Tyo Eka)

Solo – Marching Band (MB) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) kembali mengukir prestasi. Kali ini merebut tiga gelar pada International Jember Open Marching Competition (IJOMC).

“Marching Band UNS merebut tiga gelar di tiga kategori kejuaraan IJOMC 2016 yang berlangsung tanggal 22 – 25 September 2016,” ungkap Pembina Marching Band UNS, Tundjung W Sutirto dalam keterangan persnya di Kampus UNS, Solo, Kamis (29/9).

Ketiga gelar di tiga kategori kejuaraan tersebut, menurut Tunjung, pertama adalah kategori World Class Marching Show yang berhasil menjadi juara kedua. Selanjutnya adalah kategori Individual Color Guard Contest sebagai juara III dan Juara IV untuk kategori Street Parade.

“Prestasi memang cukup membanggakan, lantaran merupakan kejuaraan internasional dan merupakan event tahunan terbesar di Asia dan diikuti marching band berasal dari tujuh negara,” jelas Tunjung.

Tunjung mengatakan, ada beberapa kategori dalam kompetisi internasional tersebut yakni marching show band, adalah pagelaran musik, gerak dan tari dengan durasi 10 sampai 12 menit untuk masing-masing peserta. Masing-masing peserta berjumlah pemain minimal 40-150 orang.

Kategori selanjutnya adalah drum battle atau pertarungan perkusi antar peserta dengan sistem gugur dengan jumlah pemain 12-30 orang tiap grup. Kategori ketiga yakni Brass battle atau pertarungan alat tiup atau brass antar peserta dengan sistem gugur dengan jumlah pemain sama 12-30 orang.

Kategori lain, kata Tunjung, adalah color guard contest atau pagelaran gerak dan tari yang dinilai dengan diiringi musik dengan durasi 6 sampai 7 menit saja, dengan menggunakan properti flag, rifle, sabre, dan jumlah peserta dibatasi hingga 30 orang. Kategori terakhir adalah solo contest, yakni keahlian memainkan alat musik secara perorangan yang terdiri dari mata lomba solo snare drum, solo tenor, solo marimba, dan solo guard.

Pada kesempatan itu, Tunjung mengemukan, dalam event ini MB UNS mengusung tema Solo The City of Culture dengan membawa 80 personel sebagai player dan 50 orang sebagai kru. MB UNS berhasil menyabet juara II dalam kategori World Class Marching Show karena berhasil menyajikan perpaduan yang apik antara musik band dan gamelan serta background wayang kulit raksasa tokoh Werkudara dan Duryudana.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge