0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Razia Keimigrasian, Empat WNA Diamankan

merdeka.com
Ilustrasi WNA Ilegal (merdeka.com)

Timlo.net — Tiga dari empat warga negara asing ilegal diduga berasal dari India ditangkap petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (28/9) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kabid Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Bandara Soekarno-Hatta, Barron Ichsan ketiganya ditangkap saat petugas sedang merazia apartemen Taman Surya, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Saat kita amankan, tiga orang pria tersebut tidak dapat menunjukan identitasnya,” ujar Barron.

Diduga ketiga orang tersebut sebenarnya memiliki paspor, namun paspor dipegang agen perjalanan.

“Tetapi anehnya ketiganya tidak memegang tanda terima mana pun, mereka mengaku ingin bisnis garmen di sini, tetapi anehnya hingga kini belum ada sponsornya,” terangnya.

Petugas tidak menyita ponsel mereka. Petugas juga belum memutuskan apakah mereka akan dideportasi tidak.

“Belum jelas, ini dia mau ngapain di Indonesia. Kita tunggu saja,” katanya.

Sedangkan seorang WN asing lain yang bernama Sarmilan Somasundaran terbukti memalsukan paspor. Sarmilan yang berasal dari Sri Lanka nekat memalsukan paspor emergency atas nama Rajiv Gunalan.

“Dia penumpang pesawat Mihin Lanka dengan nomor penerbangan MJ603, diamankan pada 21 September 2016 sesuai tiba dari Kolombo dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Sampai dengan saat ini kami tetap mengkonfirmasi ke Dubes mengenai keabsahan paspor emergency tersebut,” ujarnya.

Seharusnya, kata Barron, paspor emergency digunakan untuk langsung ke negara tujuan. Tetapi Sarmilan justru pergi dulu ke Indonesia.

“Yang bersangkutan akhirnya mengakui bahwa kewarganegaraaan asli dia adalah Sri Lanka, dan paspor emergensi Jerman yang dia gunakan atas bantuan seseorang dengan membayar sejumlah uang,” tuturnya.

Atas perbuatan keempatnya, mereka diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun pidana denda sebanyak Rp 500 juta, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 119 auat (2) Undang-undang No 60 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge