0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buah Waluh Madu untuk HPS Dicuri dan Dirusak

timlo.net/nanin
Tanaman untuk Hari Pangan Sedunia kembali di rusak, kini giliran waluh madu yang dipetik sembarangan (timlo.net/nanin)

Boyolali — Kasus pencurian dan perusakan demplot tanaman hortikultura untuk peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) kembali terjadi. Kali ini menimpa demplot tanaman waluh madu yang dikelola pihak swasta, yang berada di utara Jalan Jenderal Sudirman, Komplek Kantor Terpadu Pemkab Boyolali.

“Ada belasan buah waluh madu yang dipetik dan dicuri, bahkan ada yang dirusak dan ditinggalkan begitu saja,” kata koordinator hortikultura swasta, Rusdiyanto, Rabu (28/9).

Menurut dia, tanaman waluh madu sebagai tanaman rambat hias pergola, sebelumnya sudah berbuah cukup banyak. Bahkan keberadaan buah berwarna jingga bulat bakal mempercantik pintu masuk demplot.

Pihaknya menduga pelaku pencurian waluh madu ini adalah orang yang tak bertanggung jawab yang nongkrong di sekitar kawasan tersebut. Pasalnya, pihaknya menemukan sisa kulit waluh madu di pinggir jalan.

“Buahnya masih kecil, belum enak dikonsumsi, kalaupun dikonsumsi harus diolah dulu, mungkin mereka tertarik dengan bentuk buahnya,” ujarnya.

Pihaknya meminta pengamanan di kawasan demplot lebih diperketat. Pasalnya, Presiden RI Jokowi, nantinya bakal meninjau langsung ke demplot pada peringatan Hari Pangan Sedunia.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Boyolali, Juwaris, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan menutup Jalan Sudirman. Selain itu, juga berkoordinasi dengan Satpol PP, Polres dan Kodim, untuk melakukan pengamanan lebih ketat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge