0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PKL Wajib Miliki Tanda Daftar Usaha

timlo.net/nanin
Pedagang Kaki Lima di Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Seluruh pedagang kaki lima (PKL) di Boyolali diwajibkan memiliki tanda daftar usaha (TDU). Hal ini sebagai upaya agar lebih mudah melakukan penataan terhadap PKL. Hingga saat ini tercatat ada 1.500 PKL tersebar di beberapa wilayah. Dari beberapa titik tersebut, baru PKL di Alun-alun Boyolali yang sudah memiliki TDU.

“Masih banyak yang belum miliki TDU, seperti di Simpang Lima dan depan RSUD Pandanaran,” kata Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boyolali, Tri Arjono, Rabu (28/9).

Dijelaskan, keberadaan PKL harus terpantau, jangan sampai menganggu kelancaran arus lalu lintas dan menjadi kumuh. Dalam TDU PKL nantinya akan memuat nama pedagang, bidang usaha dan tempat usaha, waktu usaha, perlengkapan usaha yang digunakan serta jumlah modal usaha. TDU bisa diajukan ke Disperindag Boyolali. PKL juga diwajibkan membuat surat pernyataan untuk menjaga keindahan, ketertiban, kebersihan fasilitas umum.

“TDU tidak boleh dipindah tangankan, kalau sampai terjadi maka akan dicabut,” tambahnya.

Dia menyebut, selama ini Pemkab Boyolali tidak punya payung hukum untuk menata PKL. Raperda Penataan dan Pemberdayaan PKL harapannya menjadi solusi penataan mengingat PKL-PKL ini menempati fasilitas pemerintah yang sebenarnya bukan untuk berjualan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge