0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecelakaan Pelajar, Pemerintah Dihimbau Sediakan Transportasi

dok.timlo.net/tarmuji
Kapolres Wonogiri AKBP RR Rumondor (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Banyaknya pelajar yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas belakangan ini, menjadi keprihatinan jajaran kepolisian. Polisi berharap adanya kerjasama antara orang tua dan pemerintah desa setempat untuk penyedian jasa transportasi khusus untuk pelajar.

“Setiap kunjungan kerja saya pasti menyindir para orang tua, untuk tidak membelikan sepeda motor untuk anaknya, tapi mereka beralasan kalau tidak dibelikan sepeda motor anaknya tidak mau sekolah, nah inilah yang perlu jadi perhatian semua pihak,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP RR Rumondor, Rabu (28/9).

Ia menyebut jika cara paling tepat untuk menekan angka kecekaan pada pelajar adalah penyediaan sarana transportasi umum. Seperti penggunaan mobil pribadi untuk antar jemput yang dikoordinir oleh wali murid dan pemerintah desa ataupun ojek. Namun, Kapolres tidak memperkenankan angkutan bak terbuka untuk hal tersebut.

Dari data yang ia peroleh, korban kecelakaan yang selamat menyebut jika sebelum terjatuh pasti saat mengendalikan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Ia juga mengatakan jika kematangan psikologi anak saat mengendarai sepeda motor belumlah cukup.

“Pasti sebelum terjatuh, pengendara motor itu oleng. Selanjutnya ia terkejut dan panik, jadi penyebab kematiannya ini lantaran terkejut dan kemudian terjatuh membentur aspal, itu pernyataan yang keluar dari mulut korban yang selamat,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya bakal meningkatkan tensi razia kendaraan bermotor. Bahkan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan para pelajar nantinya akan dilatih cara berkendara yang benar.

“Beberapa waktu lalu saat kunjungan kerja, ada orang tua pelajar meminta untuk tidak diadakan razia kendaraan. Tapi untuk menekan angka kecelakaan pelajar akan tetap kita gelar razia ranmor,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge