0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sungai Penyebab Banjir Bakal di Restorasi

BPBD Boyolali bakal melakukan restorasi sungai yang selama ini menyebabkan banjir (timlo.net/nanin)

Boyolali — Bulan Oktober, seluruh sungai yang selama ini mengakibatkan banjir bakal direstorasi. Agenda ini pertama kali akan dijalankan di Kali Gede, Kridanggo, Boyolali Kota dan Sungai Sungsang, Bendan, Banyudono. Setelah itu merembet ke Kali Pepe, yang selama ini menjadi penyebab banjir di wilayah Ngemplak.

“Salah satunya Kali Pepe, selama ini menjdi pemicu banjir di aliran Bengawan Solo, hingga Ngawi,” kata Salah satu anggota fasilitator Sekolah Sungai, Agung Nugroho, di sela Pembentukan dan Pengembangan Komunitas Sungai yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali dan Gerakan Pengurangan Risiko Bencana Boyolali, Rabu (28/9).

Dijelaskan, bencana alam selalu tidak jauh dengan sumber sungai dan drainase. Meski di Boyolali, banjir jarang kecuali wilayah Ngemplak. Namun Boyolali harus memperhatikan wilayah-wilayah dibawah, seperti Solo. Dimana wilayah Soloraya menjadi muara dari limpahan air sungai dari Boyolali. Nantinya, sungai-sungai di Boyolali akan mencontoh restorasi Kali Code, Yogyakarta.

“Ini harus diperhatikan juga oleh Boyolali, jangan sampai wilayah dibawah menjadi korban,” tambahnya.

Dijelaskan juga, salah satu visi dari restorasi sungai atau bersih-bersih sungai adalah mewujudkan sungai terbersih sedunia pada tahun 2045. Selain itu bertujuan memulihkan ekosistem sungai dan mewujudkan pengelolaan sungai yang berbasis mitigasi bencana.

“Tadi malam hingga pagi ini hujan tidak berhenti hampir 12 jam. Beruntung siang surut, coba kalau sampai 24 jam, semua BPBD di Soloraya pasti mulai siaga,” imbuhnya.

Kepala BPBD Boyolali, Nur Khamdani, menjelaskan proyek restorasi yang sedang dirintis sejumlah kelompok sukarelawan bertujuan mewujudkan kondisi sungai yang ideal dan bermanfaat.

“Seluruh kabupaten di Soloraya dengan difasilitasi BNPB sudah melakukan restorasi sungai, kita akan mulai Oktober ini,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge