0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Air PDAM Keruh, Pelanggan Mengeluh

Pipa PDAM (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtonegoro Sragen menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkait penurunan kualitas air bagi pelanggan di Kecamatan Gondang. Hal itu menyusul banyaknya keluhan masyarakat terkait kualitas air yang jelek.

”Itu sumur baru di daerah Tunggul yang disiapkan pada Lebaran lalu, kondisi air awalnya bening, namun dalam seminggu air berubah menjadi keruh. Kami terus lakukan pembersihan (flashing) air di pipa untuk menghilangkan air keruh yang terlanjur mengisi pipa,” kata Staf Humas PDAM Tirto Negoro Sragen, Sigit Pramono, Rabu (28/9).

Saat ini pihak PDAM berupaya melakukan penyaringan (filtrasi) dan mixing juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas air di Gondang. Selain itu suplai air di wilayah Gondang kembali diambil dari sumur Gumeng Karanganyar.

Sedangkan sumber dari sumur PDAM di Desa Tunggul, Gondang untuk sementara dihentikan terlebih dahulu hingga proses pembersihan selesai. Namun pembersihan diperkirakan memakan waktu sekitar dua pekan sehingga masyarakat diharapkan bisa maklum.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno mengatakan, kualitas air yang yang jelek dan keruh di PDAM telah menjadi bahan kajian. Pemkab berupaya untuk meningkatkan pelayanan PDAM dan telah menganggarkan pada APBD Perubahan.

Namun sayangnya anggaran yang diajukan sebesar Rp 3 miliar itu pupus di tengah jalan lantaran dicoret oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sragen.

“Sebenarnya kami menyayangkan dicancelnya anggaran PDAM pada perubahan, karena kami rencanakan untuk meningkatkan layanan dan kualitas mutu air bersih,” kata Dedy.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge