0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Kecamatan Dilanda Tanah Longsor

dok.timlo.net/tarmuji
Bencana alam sambangi Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bencana mulai menyambangi wilayah Wonogiri. Dalam satu malam, bencana alam tanah longsor terjadi di tiga kecamatan. Kerugian materiil mancapai puluhan juta rupiah.

“Saat ini anggota kita baru menuju lokasi bencana alam. Selain upaya evakuasi mereka juga memberikan bantuan logistik bagi korban bencana alam,” ungkap Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Rabu (28/9).

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, hujan deras terjadi sejak Selasa (27/9) sore hingga Rabu(28/9) pagi. Hal itu pun memicu terjadinya bencana alam di Kecamatan Paranggupito, Sidoharjo dan Jatisrono.

Seperti di Dusun Kerok RT1/RW 5 Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo sekitar pukul 00.00 WIB, tanah longsor menimpa rumah milik Wakimin (55)  tebing setinggi 2,5 meter dengan panjang 15 meter yang berada disamping rumah ambrol menimpa sebagian bangunan, tiga kamar milik Wakimin pun diterjang longsoran material.

Dikabarkan, satu orang mengalami luka-luka, yakni Sariyem(80) warga dusun setempat.Sedang kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 10 juta. Warga sekitar bersama relawan, TNI dan Polri melakukan evakuasi dan membersihkan longsoran tanah yang menimpa rumah milik Wakimin.

Di Kecamatan Jatisrono, rumah milik Mariyanto (60) warga Dusun Mirahan RT1/RW1 Desa Tanjungsari , mengalami kerusakan. Tembok rumah retak-retak, setelah talud rumah sepanjang 12 x 8 meter longsor. Akibatnya lokasi tersebut rawan longsor. Selain itu warga tersebut mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta dan diungsikan ke rumah kerabatnya yang lebih aman.

Sementara di Kecamatan Paranggupito, terjadi dua bencana alam, tanah amblas dan banjir yang berdampak terhadap 15 kepala keluarga. Hingga kini jumlah kerugian belum diketahui secara pasti.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge