0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nguri-Uri Batik Sragen, Pemkab Gelar Sayembara Desain

dok.timlo.net/agung widodo
(Ilustrasi) Lomba desain Batik Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemkab Sragen bakal menggelar Sayembara Desain Batik Sragen Tahun 2016. Selain untuk menguri-uri batik Sragen, sayembara ini dilaksanakan berkaitan dengan Hari Batik Nasional tanggal 1 Oktober.

“Sayembara Desain Batik Sragen ditujukan untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Atas, mahasiswa atau masyarakat umum. Tujuannya untuk nguri-uri batik Sragen sekaligus peringatan Hari Batik Nasional,” kata Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Endang Handayani, Selasa (27/9).

Menurut Endang, selain untuk menjaring ide para seniman, lomba ini juga diharapkan bisa memunculkan beragam desain baru untuk memperkaya khasanah motif batik asli Sragen.

Dikatakan Endang, sasaran sayembara adalah pengusaha atau pengrajin batik yang dapat menerapkan ciri khas Batik Sragen dalam pembuatan produknya. Sehingga desain tersebut nantinya bisa dipakai seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS), karyawan Perusahaan Daerah, perbankan, anak sekolah ataupun masyarakat.

“Ciri khas batik Sragen dapat diajukan untuk memperoleh Hak Cipta atau Hak Atas Kekayaan Intelektual,” terangnya.

Sedangkan tim juri Sayembara Desain Batik Sragen terdiri dari budayawan/sejarahwan, Balai Besar Batik Yogyakarta, akademisi (Ketua Jurusan Desain Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS), tokoh Batik Sragen dan desainer.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge