0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumlah Donor Sukarela Kurang, PMI Jamin Stok Darah Cukup

Temu Donor Darah Sukarela PMI di Pendopo Pemkab Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Ketua PMI Klaten Purwanto Anggono Cipto tak menampik jika jumlah relawan pendonor darah masih kurang dari standar yang ditetapkan organisasi kesehatan PBB alias World Health Organization (WHO). Meski demikian, pihaknya menjamin ketersedian darah di PMI Klaten cukup untuk kebutuhan tiap hari.

“Secara teori, relawan pendonor darah di Klaten memang masih kurang. Tapi, pemenuhan tersebut harus memperhatikan kebutuhan kantong darah di lapangan,” kata Ketua PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto, kepada wartawan, Selasa (27/9).

Dijelaskan, setiap harinya kebutuhan darah di PMI Klaten mencapai 70 kolf atau kantong darah. Per kolf berisi 350 cc darah. Sementara, jumlah relawan atau donor darah sukarela (DDS) yang terdaftar sebanyak 12 ribu orang. Jumlah itu memang tidak sesuai ketentuan WHO, yakni pendonor darah di suatu daerah idealnya 2 persen dari jumlah penduduk di wilayah tersebut atau di Klaten 25 ribu orang.

Namun sebaliknya, kebutuhan donor darah di Klaten tiap harinya terhitung sedikit dibandingkan di kota besar. Sebab, jumlah rumah sakit (RS) di Klaten juga sedikit.

”Kalau dipenuhi 13 ribu itu kami justru kelebihan stok darah. Imbasnya, biaya maintenance mahal dan mubazir karena setiap sebulan sekali darah harus dimusnahkan. Pengelolaan dan pemusnahan darah ini kan membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” jelas Purwanto dalam Temu Donor Darah Sukarela PMI di Pendopo Pemkab Klaten.

Ketua Panitia Temu Donor Darah Sukarela PMI Klaten, Wardani menambahkan, mencari darah ke PMI cukup mudah asalkan sudah diketahui golongan darah dan resusnya. Satu kantong darah ditebus Rp 360 ribu. Biaya tersebut pengganti jasa pengelolaan, pengambilan, perawatan, dan peralatan selama penyimpanan darah.

“Kalau terjadi kekurangan nanti kami kerjasama dengan sekolah dan instansi untuk lakukan kegiatan donor darah. Jadi kebutuhan di lapangan tetap terpenuhi,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge