0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kajari: Muspida Harus Duduk Bersama Bahas Isu Strategis

dok.timlo.net/tarmuji
Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Peran dan fungsi Muspida selama ini diklaim  belum maksimal. Padahal Muspida memiliki peran dalam membahas isu-isu seksi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat di Wonogiri.

“Semisal masalah adanya ketakutan Kades-Kades dalam pelaksanaan program Dana Desa. Ini kan isu-isu seksi sehingga perlu dibahas secara khusus dalam forum Muspida,” ungkap Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto, Selasa (27/9).

Disebutkan, selama ini Muspida belum memaksimalkan fungsinya dalam pembahasan isu strategis yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Selama saya delapan bulan di Wonogiri, belum ada forum yang benar-benar membahas isu strategis. Ya hanya bisik-bisik seperti di Pendopo Rumah Dinas Bupati saat acara seremonial itu saja,” ujarnya.

Dikatakan, Muspida bekerja dengan instrumen Forkominda. Ia menyebut jika selama ini Muspida dalam menyikapi isu strategis baru sebatas info. Ia menyebut jika Muspida beranggotakan lima orang, yakni Kapolres, Dandim, Bupati, Kajari dan Ketua DPRD.

Dalam fungsi secara formalnya, forum Muspida ini akan membahas berbagai isu. Kemudian dalam forum itu menyimpulkan rumusan-rumusan yang menyerap isu di daerah kemudian dibahas untuk menjadi sebuah kebijakan.

“Selama ini memang sudah berjalan tapi secara khusus duduk bersama membahas isu strategis belum ada. Belum ada secara khusus yang membahas isu seksi di Wonogiri selama ini,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge