0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Dosen F-MIPA UNS Dapat Penghargaan

dok.timlo.net/tyo eka
UNS beri penghargaan kepada tiga peneliti (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) memberikan penghargaan kepada tiga peneliti sebagai Inovator Terbaik Produk Hasil Riset Hilirisasi tahun 2016. Penghargaan diserahkan Ketua LPPM UNS, Prof Sulistyo Saputro kepada ketiga bersangkutan di sela-sela acara Lokakarya Strategi Pemasaran Produk Hasil Riset di Hotel Dana, Solo, Selasa (27/9).

“Sesuai dengan himbauan Menristekdikti, bahwa Perguruan Tinggi (PT) harus mendapat penghargaan dan didorong supaya hasil risetnya bisa dimanfaatkan oleh industri maupun masyarakat. LPPM UNS menginisiasi bagaimana memasarkan hasil riset di PT untuk dapat diaplikasikan di masyarakat,” ujar Sulistyo.

Ketiga inovator yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Inovator Terbaik Produk Hasil Riset Hilirisasi tahun 2016 adalah Iwan Yahya MSi dengan penelitian berupa Peredam Bising, kemudian Ahmad Marzuki PhD dengan judul penelitian Penentuan Spesifikasi Sensor Bobot Kendaraan Berjalan Berbasis Fiber Optik dan Mohtar Yunianto MSi dengan penelitian berupa Smart Early Warning System (Smart EWS).

“Ketiganya merupakan dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),” jelasnya.

Sulistyo mengemukakan, LPPM UNS membuka kesempatan bagi peneliti di lingkungan kampus UNS untuk mendaftarkan hasil penelitiannya. Dari sekian pendaftar yang masuk, dari LPPM UNS melakukan seleksi dan terpilih lima besar. Dari lima besar tersebut, akhirnya terpilih tiga besar.

Sebagai bentuk penghargaan kepada tiga inovator terbaik tersebut, menurut Sulistyo, LPPM UNS memberikan hadiah kepada masing-masing inovator terbaik sebesar Rp 15 juta. “Ya karena anggaran kita tidak banyak, jadi ini sebagai bentuk apresiasi supaya para peneliti ini termotivasi untuk terus maju,” ujar Ketua LPPM UNS.

Lebih lanjut Sulistyo mengatakan, LPPM UNS terus mendorong peneliti lainnya untuk terus melakukan penelitian yang hasilnya bisa dimanfaatkan baik untuk industri maupun masyarakat. Karenanya poin penilaian dari pemilihan inovator terbaik ini yaitu salah satunya ada aspek kemanfaatan dan tidak hanya pemanfaatan teknologi saja.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge