0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Klaten Kekurangan Belasan Ribu Relawan Donor Darah

dok.timlo.net/aditya wijaya
Temu Donor Darah Sukarela PMI di Pendopo Pemkab Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengajak masyarakat untuk menjadi relawan pendonor darah. Pasalnya, berdasarkan ketentuan organisasi kesehatan PBB alias World Health Organization (WHO), jumlah relawan atau donor darah sukarela (DDS) masih kurang belasan ribu orang.

“Saat ini masih terdapat kekurangan sebanyak 13 ribu orang. Harapan kami nanti PMI bisa menjaring pendonor pemula,” ujar Asisten Bidang Pemerintahan Setda Klaten Edy Hartanto, Selasa (27/9).

Mewakili Bupati Klaten Sri Hartini, lanjut dia, sesuai WHO pendonor darah di suatu daerah idealnya 2 persen dari jumlah penduduk di wilayah tersebut. Total penduduk Klaten sendiri sekitar 1,2 juta jiwa, sehingga idealnya jumlah DDS adalah 25 ribu orang.

Sementara, kebutuhan darah di Klaten setiap bulannya mencapai 2.100 kolf atau kantong darah. Sedangkan jumlah DDS yang terdaftar di PMI Klaten sebanyak 12 ribu orang.

“Saya mengajak masyarakat Klaten secara sukarela menjadi peserta donor darah untuk kepentingan sesama. Sebab, setetes darah yang didonorkan akan sangat berarti bagi nyawa sesama karena setetes darah itu bukan tidak mungkin menjadi penyelsmat hidup bagi yang membutuhkannya,” kata Edy dalam Temu Donor Darah Sukarela PMI di Pendopo Pemkab Klaten.

Ketua Panitia Temu Donor Darah Sukarela PMI Klaten Wardani menerangkan, selain relawan on call PMI, pihaknya juga bekerjasama dengan sekolah dan instansi negeri maupun swasta untuk menjaring donor darah sukarela.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge