0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Hektar Lahan Padi Diserang OPT

dok.timlo.net/nanin
(Ilustrasi) Tanaman padi diserang hama wereng (dok.timlo.net/nanin)

Wonogiri — Ratusan hektar lahan padi di Wonogiri terserang organisme pengganggu tanaman (OPT). Ada dua jenis OPT yang keberadaannya mengganggu pertumbuham tanaman padi.

“Ada 700-an hektar lahan di 25 kecamatan. Belum lama ini dilaporkan terjadi serangan serupa di Kecamatan Selogiri. Luas lahan yang terserang mencapai 45 hektar,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertan TPH) Wonogiri Safuan melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Tri Luwarso, Selasa (27/9).

Disebutkan, ada 752 hektar lahan diserang sejumlah OPT. Sebagian besar menyerang tanaman padi sawah, sebagian lagi padi gogo pada masa tanam (MT) pertama ini.

“Dua jenis hama adalah blas atau penggerek batang dan bacterial leaf blight (BLB) atau hawar daun alias kresek. Hama blas menyerang 269 hektar lahan tahun ini. Sedangkan BLB menyerang 483 hektar,“ katanya.

Dikatakan, biasanya OPT menyerang lahan yan bercuaca lembab, blas disebabkan oleh jamur dan BLB ditularkan oleh bakteri. Namun serangan OPT itu masih tergolong ringan, sehingga belum mempengaruhi hasil produksi.

“Kami juga sudah melakukan upaya penanganan, yakni dengan memberikan pestisida dan fungisida dan perlakuan lain sesuai jenis OPT. Hal ini melibatkan petugas di kecamatan masing-masing. Jadi begitu ada laporan masuk, segera ditindaklanjuti supaya tidak meluas,“ tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge