0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Buruh Bakal Turun ke Jalan, Tuntut Kenaikan Upah

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) Aksi damai buruh (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Buruh akan melakukan besar-besaran di ibukota pada Kamis (29/9) nanti. Dalam aksi kali ini, buruh menuntut kenaikan upah pekerja.

“Kami menuntut kenaikan upah sebesar Rp 650 ribu, kalau dapat BP78. Itu sangat penting untuk kesejahteraan pekerja,” ujar Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhamad Rusdi, Selasa (27/9).

Dalam hal ini, kata Rusdi, upah yang diterima oleh buruh sangat rendah. Bahkan, lanjutnya, jika dibanding negara berkembang lainnya Indonesia masih rendah.

“Kalau secara ekonomi kita memasuki peringkat ke-20, cukup tinggi memang. Tapi kalau secara upah kita ini justru berada di bawah Filipina, Thailand, dan rata-rata udah di bawah jauh Vietnam, Singapura, Malaysia,” kata Rusdi.

Dalam aksi nantinya, Rusdi menegaskan kalau rekan buruh tidak menuntut yang berlebihan. Pihaknya hanya menuntut upah pekerja Indonesia disetarakan dengan rata-rata di negara berkembang lainnya.

“Makanya kita minta upah dinaikkan sedikit lah. Kita cuma minta kayak Filipina dan Thailand, kita enggak minta seperti Singapura, itu memang jauh banget lah. Upah Jakarta misalnya, hari ini saja sudah lebih rendah dari Bekasi dan Karawang. Jakarta itu kan Ibu kota negara harusnya lebih tinggi dong,” jelas Rusdi.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge