0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Taman Cerdas Ini bakal Dilengkapi Wayang dan Pahlawan

Taman Cerdas Jebres (dok.timlo.net/gg)

Solo — Komisi I DPRD Kota Solo mewanti-wanti pelaksana proyek Taman Cerdas Jebres melakukan pemantauan langsung pengerjaan patung pelengkap taman. Pasalnya, pengerjaan sejumlah patung Pandawa dan tokoh wayang lainnya yang bakal dipasang tersebut berada di kawasan Bantul, DIY.

“Kami meminta untuk pelaksana proyek, termasuk Lurah Jebres memantau langsung pengerjaan patung di kawasan Bantul,” terang Ketua Komisi I DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo, Selasa (27/9).

Seperti diketahui, Taman Cerdas Jebres rencananya bakal dilengkapi patung Ki Hajar Dewantara, Soekarno-Hatta serta wayang orang dan wayang kulit. Sejauh ini, baru ada batu terpasang sebagai media peletak patung. Budi mengatakan, patung dan relief tersebut harus rampung sesuai target pada awal Desember mendatang.

“Kita kan otomatis tak bisa melihat disana. Tentu ini menjadi tanggung jawab pelaksana untuk memastikan semua berjalan sesuai tahapannya,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, pengawas proyek penataan Taman Cerdas Jebres, Wiwik Prastowo mengatakan patung terbuat dari bahan fiber. Dipilihnya kawasan Bantul untuk membuat patung tersebut lantaran kwalitas pembuatan patung dikawasan tersebut telah teruji. Disisi lain, faktor lingkungan juga menjadi salah satu pertimbangan pembuatan patung dilakukan dikawasan Bantul, DIY.

“Prosesnya dari pembuatan cetakan, lalu dicor dengan fiber. Semuanya bertahap. Kalau dilakukan disini, kemungkinan besar menimbulkan komplain,” tandasnya.

Meski demikian, pihaknya berjanji untuk memantau langsung progress pengerjaan patung. Rencananya, pada 7 Oktober mendatang pelaksana akan mendatangi pabrikan di Bantul.

“Memang kalau tidak diawasi progresnya bisa telat. Kita akan cek ke sana nanti,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge