0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ditemui Bupati, Warga Sambirejo Kecewa

Warga Sambirejo melakukan aksi di depan Kantor Pemkab Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Protes warga Kecamatan Sambirejo tidak hanya ditujukan ke Polres Sragen untuk menolak kriminalisasi terhadap petani. Tapi mereka juga mendatangi Pemkab Sragen untuk menemui bupati meminta untuk diberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat Sambirejo.

“Tapi bupati tak bisa menemui karena alasan sedang tak berada di tempat. Mungkin kami dianggap tidak pantas untuk bertemu bupati karena ada tugas yang lebih penting,” kata koordinator aksi, Sunarji, Senin (26/9).

Ratusan warga dari delapan desa di Kecamatan Sambirejo itu akhirnya hanya ditemui Kepala Kesbangpolinmas Sragen, Giyadi di pintu gerbang Kantor Pemkab Sragen. Giyadi sempat menawarkan perwakilan beberapa orang untuk membicarakan masalah mereka di Ruang Rapat Asisten I Sekda Sragen. Namun tawaran tersebut ditolak oleh warga.

Sunarji menyampaikan, kedatangannya ke Pemkab sebenarnya untuk menyampaikan masalah tanah yang diklaimnya sebagai milik warga sejak jaman Belanda dulu. Namun tanah tersebut saat ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX)

“Kepada bupati selaku kepala daerah supaya proaktif mencari solusi untuk menyelesaikan masalah Sambirejo ini yang berpihak pada masyarakat,” ujar Sunarji.

Senada, waga lainnya Ronggo Hartono mengaku kecewa lantaran kedatangan mereka di Pemkab tidak berhasil menemui Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Apalagi warga hanya disambut di pintu gerbang, tepi jalan raya dan tidak diperbolehkan masuk halaman sekali pun.

“Saya ini orangnya pak Untung (ayah Yuni – Red) dari dulu. Tolong kami ini diuwongke.  Mengapa hanya disambut di pinggir jalan,” ujarnya.

Aksi damai itu mendapat pengawalan ketat dari puluhan petugas Satuan Sabhara Polres Sragen. Sedangkan petugas Satpol PP telah terlebih dahulu menutup pintu gerbang kantor Pemkab sebelum warga Sambirejo tersebut tiba.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge