0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran, Rumah Sakit Ini Jalankan Code Red

Simulasi pemadaman kebaran di RS Cakra Husada Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten menggelar simulasi penanggulangan bencana kebakaran, Senin (26/9). Simulasi untuk respon code red itu menggandeng instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten.
“Simulasi ini sebagai bentuk komitmen kami mewujudkan RS tanggap bencana. Pasalnya,  Klaten merupakan daerah rawan bencana sehingga SDM diRSCH harus memiliki bekal penanganan bencana untuk melindungi pasien,” ujar Direktur Admistrasi dan Keuangan RSCH Klaten Made Sumiartha.
Dari pantauan, kebakaran terjadi di salah satu bangsal Sawitri. Akibatnya, asap menyelimuti hampir seisi ruangan di bangsal yang terletak di lantai 3 RSCH tersebut. Sedangkan pasien dan pembesuk yang masih dalam kondisi bisa berjalan segera melarikan diri.
Mengetahui kepanikan itu, sejumlah karyawan RSCH dengan berbagi tugas bergegas mengendalikan situasi. Alarm  dan pengumuman dari pengeras suara adanya code red pun dijalankan. Mulai dari pemadaman api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), evakuasi pasien dengan kursi roda dan tandu, penyelamatan dokumen RS, hingga semuanya berkumpul ke titik aman di halaman RS setempat.
Menurut salah seorang instruktur Damkar Klaten, Sasongko Agung Wibowo, secara pola respon code red, masing-masing karyawan RSCH telah menjalankan sesuai porsinya. Namun masih ada catatan kecil yang harus diperbaiki jika potensi kebakaran atau bencana lainnya sungguh terjadi.
“Meski simulasi, tadi ada beberapa yang perlu dibenahi. Misal komunikasi, tiba-tiba perawat langsung menggotong keluar pasien ke titik aman, tanpa memberitahukannya sedang terjadi kebakaran. Lalu ketika semua sudah berkumpul di titik aman, karyawan lupa mengecek atau menghitung ulang kembali jumlah karyawan dan pasien sebelum dan sesudah terjadi,” ujarnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge