0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jualan Es Jeruk, Gadis 11 Tahun Dapatkan Uang Rp 143,9 Milyar

Dok: Timlo.net/nycaribnews.com.
Mikaila dan es jeruknya. (Dok: Timlo.net/nycaribnews.com.)

Timlo.net—Seorang gadis berusia 11 tahun, Mikaila Ulmer asal Texas, Amerika Serikat (AS) berhasil membuat kesepakatan senilai $11 juta (Rp 143,9 milyar) untuk menjual brand es jeruk miliknya ke jaringan supermarket Whole Foods.

Es jeruk dengan brand BeeSweet Lemonade itu akan dijual di 55 jaringan Whole Foods di Texas, Oklahoma, Arkansas dan Louisiana. Saat Whole Foods melihat jika es jeruk buatan gadis itu menjanjikan, jaringan supermarket itu bersedia menjual produknya di toko-toko regional. Jika respon masyarakat baik, maka es jeruk itu akan dijual secara nasional.

Anak kelas enam SD di Austin, Texas itu awalnya membuat es jeruk dengan nama Me & The Bees. Dia berhasil membawa brand itu menjadi sebuah bisnis nasional. Resep es jeruk buatannya merupakan kombinasi antara rasa mint, benih lenan, jeruk dan madu. Resep itu merupakan warisan dari nenek buyutnya, Helen.

Mikaila memberikan sebagian penghasilan dari bisnisnya kepada yayasan pelestarian lebah madu. Mikaila muncul dengan ide menjual es jeruk itu setelah disengat lebah madu dua kali saat dia berusia 4 tahun.

“Rasanya sangat menyakitkan. Saya takut dengan lebah,” katanya dalam wawancara dengan NBC.

Tapi dia mulai mempelajari lebah setelah ibunya D’Andra mengubah pengalaman buruknya menjadi tugas penelitian. Saat Mikaila mengetahui jika lebah-lebah ini mungkin punah beberapa tahun mendatang, dia memutuskan melakukan tindakan nyata untuk melestarikan lebah. Dia memiliki ide menjual es jeruk dengan menggunakan resep yang dibuat nenek buyutnya tahun 1940an. Resep itu sendiri menggunakan madu.

Walaupun lebah madu menyerbuki tanaman senilai lebih dari $15 milyar per tahun, Mikaila berkata jika lebah madu di ambang kepunahan. “Tahun lalu, peternak lebah kehilangan 40 persen sarang lebah,” katanya.

Dia mengutip perkataan Albert Einstein, “Jika lebah hilang dari permukaan bumi maka manusia hanya bisa bertahan hidup empat tahun.”

Mikaila memulai bisnis es jeruknya pada 2009 dan dia menggunakan madu sebagai pemanis, bukan gula atau pemanis buatan. Alasannya madu lebih sehat dan dia bisa menolong para peternak madu. Dalam acara TV, Shark Tank yang tayang di ABC, Mikaila berhasil mengumpulkan modal senilai $60.000. Dia bahkan diundang bertemu dengan Presiden Barack Obama. Gadis cilik itu juga menjadi bagian dari kampanye digital Google’s Dare. Mikaila sendiri saat ini membuat workshop tentang bagaimana cara menyelamatkan lebah madu.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge