0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kajari Wonogiri: Anggota TP4D Dibekali dengan PIN

dok.timlo.net/tarmuji
Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto menunjukkan ciri khusus Tim TP4D (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ketakutan para perangkat desa dalam pelaksanaan penyerapan anggaran desa selama ini, erat kaitannya dengan beredarnya isu adanya pihak-pihak tertentu yang mengaku- ngaku sebagai tangan panjang Kejari Wonogiri selaku pelaksana TP4D. Konon oknum itu melakukan aksinya disertai dengan intimidasi.

“Ini kan isu, kalau bahasa hukum sejauh itu saya belum bisa bicara, tapi informasi kami tetap sikapi,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri Tri Ari Mulyanto, Senin (26/9).

Soal benar dan tidaknya isu tersebut, pihaknya tetap akan menyikapi, Bahkan isu positif sekalipun tetap akan disikapi.

Ketakutan itu, menurutnya, terjadi lantaran adanya missunderstanding dalam peran fungsi TP4D. Dirinya ingin memberikan pemahaman tentang paradigma hukum baru. Pihaknya pun telah melakukan penyuluhan tentang hukum hingga pelosok desa.

Disebutkan, fungsi TP4D sesuai filosofinya semacam tugas jaksa untuk memberikan penyemangat bagi para pemangku kebijakan dalam melakukan pekerjaannya.

“Jadi kita ingin jaksa ini jadi sahabat, jangan takut. Kita justru semangati mereka dengan kata Merdeka,” ujarnya.

Dari evaluasi selama ini diakui jika penyerapan anggaran dana desa di Wonogiri masih terbilang rendah. Sedang menilik sejarah tercetusnya TP4D sendiri berfungsi untuk mengawal proyek-proyek strategis atau proyek yang berskala nasional. Seperti di Wonogiri hanya ada satu proyek strategis yang memerlukan pengawalan TP4D yakni proyek Bendung Pidekso yang terletak di Kecamatan Giriwoyo.

Ditambahkan, formasi TP4D sendiri murni beranggotakan internal Kejari Wonogiri. Ia juga menampik jika anggota TP4D beranggotakan oknum dari luar internal Kejari.

“Walaupun karyawan Kejari Wonogiri tidak semuanya masuk dalam TP4D, mereka (anggota TP4D) sudah dibekali dengan ciri khusus yakni memiliki PIN, dan PIN ini saya launching di Pendopo Rumah Dinas Bupati beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge