0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Kirab Hasil Bumi Keliling Dusun

Kirab hasil bumi warga Dusun Sambungrejo, Desa Mliwis, Cepogo (timlo.net/nanin)

Boyolali — Warga Dusun Sambungrejo Rt 28, Desa Mliwis, Cepogo, mengelar kirab hasil bumi dan bersih desa. Kirab ini sebagai wujud syukur keberhasilan warga bidang pertanian dan usaha lain. Ratusan warga mengikuti kegiatan ini dengan menggelar berbagai kesenian tradisional.

“Tahun ini panen melimpah, harapan kami akan lebih baik lagi,” kata Ketua Panitia Kirab Hasil Bumi, Hardani, Minggu (25/9).

Dalam kirab tersebut, juga dihadirkan tumpeng raksasa dan gunungan yang berisi palawija, sayuran dan hasil pertanian. Nantinya, tumpeng dan gunungan ini dikirab keliling dusun diiringi warga dan sejumlah kesenian. Mulai dari rodatan hingga drum band yang menggunakan kentongan dan ember besar. Tak lupa juga, pasukan abdi dalem keraton Surakarta ikut berpartisipasi. Setidaknya ada 20-an kelompok warga dan kesenian yang ikut andil dalam kirab tersebut. Untuk warga sendiri, mereka berdandan layaknya petani sambil membawa hasil pertanian.

“Kita sempat vakum selama 10 tahun, ini tahun kedua setelah vakum, ternyata masyarakat sangat antusias,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Cepogo, Agus Darmawan, mengaku salut dengan solidaritas warga Dusun Sambungrejo. Selain sebagai bentuk syukur, kegiatan ini, menurut Camat, sekaligus sebagai upaya nguri-uri kebudayaan dan kesenian.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge