0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Babad Kademangan, Asal Usul Kelurahan Jebres

timlo.net/achmad khalik
Suasana Kirab Budaya Babad Kademangan yang dihelat Kelurahan Jebres dengan mengusung asal usul kawasan masing-masing RW berlangsung meriah (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kirab Budaya Babad Kademangan yang dihelat di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Minggu (25/9) berlangsung meriah. Ratusan peserta dari berbagai RW di Kelurahan Jebres mengeluarkan kreasi yang digali langsung dari cikal bakal terbentuknya kawasan tersebut.

“Kirab yang diselenggarakan untuk menggali potensi lokal dan ditampilkan dihadapan para penonton,” terang Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Jebres, Joko Prasetyo kepada Timlo.net.

Pantauan di lapangan, kirab yang dimulai sekitar pukul 15.00 ini diawali dari Kawasan Patung Soekarno Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Solo menuju Taman Cerdas, Jebres. Para peserta nampak antusias mengikuti even yang menginjak tahun ke-empat tersebut.

Sejumlah kesenian turut ditampilkan mulai dari kesenian tari, wayang, musik dan masih banyak yang lain. Tak hanya itu, hasil bumi yang dikreasi menjadi sejumlah tumpeng juga turut diusung untuk diperebutkan di lokasi Taman Cerdas, Jebres.

“Berbagai kesenian dan makanan khas dari kawasan Jebres ditampilkan. Tujuannya, supaya masyarakat mengetahui kesenian khas dikawasan Jebres,” kata Joko.

Dengan digelarnya Kirab Budaya Babad Kademangan ini, pihaknya berharap generasi muda memgenal asal usul tempat mereka tinggal. Sehingga, cikal bakal terbentuknya kawasan tersebut tetap diingat dan tidak luntur oleh gempuran jaman.

“Kalau tidak diangkat sekarang, pasti generasi muda tidak akan mengenal asal usul tempat tinggalnya,” katanya.

Sementara itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengapresiasi Kirab Babad Demangan yang telah menginjak tahun ke-empat tersebut.

“Dengan diangkatnya asal usul daerah masing-masing di Kawasan Solo, secara tidak langsung itu telah nguri-nguri budaya. Sehingga, apa yang menjadi cikal bakal berdirinya kawasan tersebut tidak hilang digilas jaman,” ucap Rudi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge