0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agus Harimurti Bisa Menang, Tapi Syaratnya Berat

Agus Harimurti Yudhoyono (melambaikan tangan) saat menjalani tes kesehatan (merdeka.com)

Timlo.net – Pengamat menilai, penunjukan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai bakal calon gubernur DKI sebagai eksperimen politik. Diusungnya nama Agus menunjukkan poros Cikeas kesulitan mencari lawan tangguh bagi petahana Basuki T Purnama (Ahok).

“Parpol kesulitan mencari lawannya ahok, makanya mereka mencari wajah baru. Untuk sosok yang terlanjur disosialisasikan ternyata elektabilitasnya tidak terlalu meningkat dan diperkirakan akan sulit berkembang, jadi lebih baik mencari wajah baru, melakukan eksperimen politik,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari di Jakarta, Sabtu (24/9).

Menurutnya, langkah Agus untuk bisa menandingi Ahok sangat sulit. Dia berpendapat Agus harus bergerak masif melakukan sosialisasi ke warga DKI dalam rentang waktu 5 bulan sebelum pemungutan suara.

“Dia harus sosialisasi habis habisan secara masif. Jakarta ini penduduknya banyak, waktu yang dimiliki hanya lima bulan. Pemilih di Jakarta tidak kurang dari 5 juta. Jadi Agus minimal dalam 1 bulan harus mengenalkan diri kepada 1 juta orang,” tegasnya.

Akan tetapi, lanjut dia, faktor yang bisa membantu mendongkrak perolehan suara Agus adalah nama besar dan pengaruh ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Qodari menyebut Agus bisa menang apabila SBY serius mengerahkan pendukungnya di Jakarta untuk membantu proses pemenangan itu.

“Amat sangat besar, beliau adalah mantan presiden yang mempunyai pendukung. Yang kedua para tokoh-tokoh politik melihat Pak SBY dan belum melihat Mas Agus, karena Agus masih sangat junior di dunia politik,” jelas dia.

“Menurut saya peran Pak SBY sangat penting dan besar, nanti kita lihat bagaimana kesungguhan Pak SBY. Kalau Pak SBY maksimal maka daya dongkrak (suara) akan tinggi, tetapi kalau tidak maksimal, akan sulit Agus akan menang,” sambungnya.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge