0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Sayur Cepogo dan Pasar Hewan Singkil bakal Direlokasi

Pasar Hewan Sunggingan akan direlokasi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Giliran Pasar Cepogo dan Pasar Hewan Singkil, Boyolali, yang bakal direlokasi. Relokasi dua pasar tersebut, saat ini dalam pembahasan. Rencananya, Pasar Cepogo yang saat berlokasi di sisi selatan Pasar Induk Sayur Cepogo akan direlokasi ke lapangan Mliwis, Cepogo. Sedangkan Pasar Hewan Sunggingan (Singkil) akan direlokasi ke Jelok, Cepogo.

“Kita sedang menyusun detail engineering desain [DED], untuk pasar hewan kita akan komunikasikan dengan pemerintah desa setempat,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boyolali, Suyitno, Jumat (23/9).

Terkait dengan relokasi Pasar Cepogo, sesuai arahan bupati, kemungkinan akan dipindah ke Desa Mliwis.Hanya saja, untuk lokasi tepatnya, menurut Suyitno, masih dalam pembahasan di Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda). Selain itu, pihaknya juga masih melihat kemampuan pemerintah terkait anggaran.

“Kalau ada bantuan dari pemerintah pusat, kita gunakan untuk pembangunan pasar,” tambahnya.

Pasar Cepogo sendiri dibangun pada tahun 1970 dan selama itu belum pernah dilakukan rehab. Saat ini kondisi pasar dinilai tidak representatif karena banyak bangunan pasar yang rusak. Pasar Cepogo saat ini menempati luas lahan 1,09 hektare. Nilai transaksi di pasar tersebut terbilang tinggi terutama saat pasaran Wage dan Pon.

“Perhari bisa mencapai Rp 30 juta,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge