0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejari Endus Penyelewengan Proyek Rehab SMPN 14 Solo

dok.timlo.net/achmad khalik
Gedung SMP Negeri 14 Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo mengendus adanya penyelewengan Program Revitalisasi Bangunan Gedung SMP Negeri 14 Solo. Revitalisasi dengan menggunakan mekanisme partisipasi masyarakat ini menelan dana sebesar Rp 1,2 miliar.

“Laporan dari masyarakat, kami tindaklanjuti perihal Program Revitalisasi Bangunan Gedung SMP Negeri 14 Solo. Hasilnya, kuat dugaan terdapat penyelewengan dana program rehab sekolah tersebut,” terang Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Kejari Solo Suyanto, Kamis (22/9).

Dana yang bersumber dari APBN tahun 2015 tersebut, kata Suyanto, diberikan kepada pihak sekolah untuk dikelola. Oleh pihak sekolah, dana sebesar Rp 1,2 miliar dikelola dengan sistem swakelola dengan membentuk tim panitia revitalisasi sekolah (PRS) yang terdiri dari guru sekolah tersebut.

“Kami sudah melakukan pengecekan di lokasi termasuk LPj yang dibuat. Ada sebanyak 12 toko bahan material yang kami kunjungi. Hasilnya, ada indikasi kuat penyimpangan dari nota pembeliannya,” jelasnya.

Disinggung indikasi penyimpangan yang terjadi, Suyanto mengungkapkan, adanya penemuan nota pembelian palsu, stempel palsu, tanda tangan palsu, pembelian fiktif, mark up volume pembelian serta mark up harga pembelian.

“Ini yang menjadi bukti kuat kita sehingga kita memproses dugaan peyelewengan revitalisasi gedung ini,” ujar Suyanto.

Sejauh ini, lanjutnya, kasus tersebut telah memasuki tahap penyidikan dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pengecekan fisik bangunan dari Tim Ahli.

“Rencananya minggu depan, akan kita lakukan pengecekan kembali bersama Tim Ahli,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 14 Solo, Iswita Mulhayati enggan berkomentar menanggapi kasus penyelewengan dana tersebut.

“Saya kurang tahu, langsung ketemu ketua panitianya saja biar lebih jelas. Yang jelas, kami telah bekerja sesuai petunjuk teknis,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge