0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengunduran Diri Agus Harimurti Yudhoyono Dalam Proses

Agus Harimurti Yudhoyono (merdeka.com)

Timlo.net – Mayor Infanteri Agus Harimurti Yudhoyono tengah mengajukan pengunduran dirinya dari dinas kemiliteran. Agus Harimurti mencalonkan diri di Pilkada DKI Jakarta menjadi calon gubernur.

“Mayor Inf Agus Harimurti sedang dalam proses pengunduran diri dari dinas militer,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI M Sabrar Fadhilah, Jumat (23/9).

Agus yang saat ini menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning (AK) harus mundur dari dinas kemiliterannya bila ditetapkan secara resmi sebagai pasangan calon oleh KPU.

“Ada mekanisme yang mengatur dan saat ini dalam proses prosedural oleh yang bersangkutan,” jelas Fadhilah.

Mengenai adanya informasi perwira harus menjalani ikatan dinas setelah menjalani pendidikan sekolah komando, Kadispenad membantah karena ikatan dinas bagi perwira karir hanya satu kali sejak masa ia menjabat.

“Tidak benar ada ikatan dinas seperti itu. Benar ada aturan tentang masa dinas. Bagi perwira karir 10 tahun. Sudah itu saja, tidak ada embel-embel. Perwira non karir lebih pendek tapi bisa memperpanjang,” jelasnya.

Agus merupakan perwira karir lulusan Akmil Tahun 2000. Dengan aturan itu, putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudyono itu sudah menyelesaikan ikatan dinasnya. Agus memang baru saja lulus dari sekolah komando di Amerika Serikat tahun lalu.

“Tidak ada ikatan dinas setelah itu. Ikatan dinas hanya 10 tahun bagi perwira karir,” papar Fadhilah.

Mengenai mekanisme pengunduran diri Agus, TNI AD tidak menetapkan jangka waktu.

“Kalau waktu relatif, enggak ada waktu saklek. Karena mungkin dinamika yang dibutuhkan cepat bisa saja cepat, yang penting semua prosedur dilalui oleh yang bersangkutan,” tandasnya.

[sho]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge