0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hacker Cina Ini Berhasil Kontrol Mobil Listrik Tesla Dari Jarak Jauh

Dok: Timlo.net/ Caranddriver.com
Tesla model S. (Dok: Timlo.net/ Caranddriver.com )

Timlo.net—Hacker white-hat (hacker baik) membuktikan jika mobil listrik Tesla memiliki resiko keamanan yang bisa dimanfaatkan. Grup hacker asal Cina bernama Keen Security Lab itu menulis sebuah artikel dalam blog mereka. Artikel itu disertai video yang menunjukkan kemampuan mereka menghack dan mengontrol mobil Tesla Model S baik dalam mode Parking dan Driving.

Beberapa fitur yang bisa dikontrol dari jauh memang tidak berbahaya, misalnya pengaturan kursi dan mengaktifkan kipas kaca mobil. Beberapa fitur lain cukup berbahaya. Grup hacker itu bisa membuka kunci mobil dari jauh tanpa perlu kunci. Mereka juga bisa mengaktifkan fitur rem sehingga mobil tiba-tiba berhenti.

Beberapa demonstrasi dilakukan kelompok itu dari jarak yang cukup dekat. Tapi mereka bisa mengaktifkan rem mobil dari jarak 19 km. Tentunya jika para hacker tidak bertanggung jawab bisa membobol mobil listrik Tesla, maka para pemilik mobil bisa berada dalam bahaya.

Untungnya niat Keen Security Lab tidaklah jahat. Mereka memberitahu Tesla terkait temuan mereka tentang cacat keamanan dalam model mobil listrik mereka. Bahkan mereka bekerja sama dengan Tesla untuk mencari solusi bersama.

Akan tetapi demonstrasi ini tetap menimbulkan kekuatiran. Jika perusahaan yang melek teknologi seperti Tesla bisa memproduksi mobil yang rawan dihack, apakah ada masalah lain terkait keamanan yang perlu kita kuatirkan?

Sumber: Mashable.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge