0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dokter Gigi Gadungan Ini Belajar Ilmu Kedokteran Lewat Internet

merdeka.com
Polisi menunjukkan barang bukti praktik dokter gigi gadungan (merdeka.com)

Timlo.net – Seorang dokter gigi gadungan spesialis Orthodontic yang membuka praktik di Kota Pekanbaru ditangkap polisi. Pria yang bernama Robi Sugara (24) ini mengaku sudah dua tahun menjalankan bisnisnya.

Dikarenakan bukan profesional, dia memanfaatkan internet untuk mempelajari seluk beluk menjadi dokter gigi.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Toni Hermawan mengatakan, Robi yang merupakan warga Jalan Sumber Sari, Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru itu juga kerap mempromosikan diri di medsos Facebook.

“Tersangka mengaku pernah belajar dan kuliah kedokteran di USU, tapi saat kita periksa nyatanya justru tidak pernah. Ternyata dia belajar dari internet,” kata Toni, Kamis (22/9).

“Awalnya tersangka ini jualan behel, kemudian browsing internet, promosi di Facebook dan akhirnya memutuskan buka praktik,” jelas dia.

Terbongkarnya praktik dokter gigi palsu ini setelah pihaknya mendapat laporan dari Asosiasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang merasa curiga karena nama tersangka tak terdaftar sebagai dokter gigi di PDGI.

“Lalu kami bersama pihak PDGI melakukan penggerebekan di lokasi praktik milik tersangka, pada Rabu (21/09) sore kemarin,” ucap Toni.

Penggerebekan dilakukan saat tersangka membuka praktik dan tengah melayani pasien yang sedang membersihkan karang gigi. Tanpa bisa mengelak lagi, ruang praktik tersangka langsung digeledah polisi bersama dokter asli dari PDGI.

“Tersangka tak punya kartu identitas PDGI dan tidak terdaftar di PDGI. Ada 36 item barang bukti yang terdiri dari beragam alat kesehatan, stetoskop, karet behel dan lain-lain,” kata Toni.

Atas perbuatannya, Robi akan dijerat dengan Pasal 77 Ayat 1 jo Pasal 73 ayat 2, UU No 29 Tahun 2004, tentang praktik kedokteran dengan ancaman 5 tahun penjara.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge