0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada di Jawa Tengah, Brebes Paling Rawan

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Kabupaten Brebes dinilai menjadi kota paling rawan di Jawa Tengah dalam gelaran Pilkada. Dari data Indek Kerawanan Pemilu (IKP),Brebes sebesar 2,001; disusul Jepara 1,735; Cilacap 1,635; Pati 1,535; Banjarnegara 1,457; Kota Salatiga 1,423 dan Batang 1,213.

“Walaupun hitungan secara nasional, kabupaten/kota di Jawa Tengah tidak masuk daerah yang mempunyai kerawanan tinggi sebagaimana kabupaten kota di propinsi lain, setidaknya data tersebut dapat digunakan sebagai sarana peringatan dini terhadap potensi terjadinya permasalahan di daerah oleh semua pemangku kepentingan seperti kepolisian, pemerintah daerah atau yang lainnya,” tegas Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Jawa Tengah, Teguh Purnomo di Semarang, Rabu (21/9).

Teguh menjelaskan bahwa Panwaslu Jateng menyusun IKP sebagai suatu rangkaian riset yang menjadi dasar perumusan kebijakan, program dan strategi dalam konteks pengawasan di bidang kepemiluan.

“Melalui pendekatan pencegahan, IKP dibutuhkan sebagai instrument deteksi dini dari potensi kerawanan di setiap wilayah yang hendak melakukan Pilkada. Harapannya segala bentuk potensi kerawanan dapat diantisipasi, diminimalisasi dan dicegah,” bebernya.

Teguh menambahkan, di Jawa Tengah, ada 7 daerah kabupaten kota yang akan melaksanakan Pilkada di tahun 2017 yaitu Kabupaten Brebes, Jepara, Cilacap, Pati, Banjarnegara, Batang dan Kota Salatiga.

“Penilaian kerawanan ini didasarkan atas 3 dimensi, yaitu dimensi penyelenggaraan dengan bobot 30 persen, dimensi kontestasi dengan bobot 35 persen dan dimensi partisipasi dengan bobot 35 persen,” jelas Teguh.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge