0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiap Jumat, Pelajar Karanganyar Wajib Naik Angkot

Angkot di Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar bersama Polres Karanganyar menggagas kebijakan wajib naik angkutan umum setiap hari Jumat bagi siswa sekolah. Hal tersebut terkait maraknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan siswa sekolah. Rencana itu sedang dibahas bersama pihak terkait.

“Salah satu fungsinya memang menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar Agus Cipto Waluyo, Rabu (20/9).

Agus mengatakan, rencana itu sekaligus untuk menumbuhkan kecintaan kembali terhadap moda transportasi umum.  Dijelaskan, selain memberlakukan wacana itu juga dibentuk komunitas keselamatan berlalu lintas di sejumlah sekolah. Setiap siswa mendapat pembelajaran tentang tertib berlalu lintas. Namun demikian, sarana dan prasarana lalu lintas perlu dilengkapi.

”Sarana prasarana lalu lintas memang ada keterbatasan anggaran, namun akan kita lengkapi secara bertahap. Seperti halnya dengan pembuatan zona selamat sekolah, zebra cross, dan rambu penyeberangan,” imbuh Agus.

Kekurangan rambu tersebut juga dirasakan sejumlah masyarakat. Mereka meminta agar zebra cross bagi pejalan kaki ditambah lagi. Salah satu contohnya di Jalan Lawu.

”Seiring dengan semakin ramainya jalan Lawu, kami melihat di jalan itu perlu ada zebra cros tambahan,” terang salah satu peserta.

Sementara itu Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo mengatakan, angka kecelakaan lalu lintas di Karanganyar cukup tinggi. Kasus kecelakaan sepanjang tahun 2016 hingga Agustus mencapai 646 kejadian. Korban meninggal dunia (MD) sebanyak 15 orang, luka berat (LB) 46 orang, dan luka ringan (LR) 769 orang.

”Mayoritas penyebab karena kelengkapan berlalu lintas tidak dipenuhi pengendara bermotor,” kata Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge