0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wacana Full Day School, Dikpora Pilih Wait and See

timlo.net/eko prasetyo
Etty Retnowati. Kepala Dinas Dikpora Solo (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Wacana full day school yang belakangan ini mulai diwacanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bahkan Presiden Joko Widodo akan meminta diujicobakan di sejumlah propinsi. Tetapi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo memilih menunggu.

“Hingga Selasa (20/9), belum ada pemberitahuan secara tertulis dari pemerintah pusat, terkait pelaksanaan uji coba sistem tersebut,” ungkap Kepala Dinas Dikpora Solo, Etty Retnowati kepada wartawan, di Kantor Dinas Dikpora Solo, Selasa (20/9).

Sejauh ini, menurut Etty, memang belum ada perintah maupun pemberitahuan resmi secara tertulis. Baik informasi dan statemen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy atau Presiden Joko Widodo baru melalui media massa. Apakah Solo termasuk yang akan ditunjuk untuk uji coba (full day school) atau tidak, sejauh ini pihaknya juga belum tahu.

Jika Kota Solo nantinya ditunjuk pemerintah pusat untuk melakukan uji coba tersebut, Etty menyatakan kesiapannya namun dengan tetap mempertimbangkan kesiapan sekolah, terutama sekolah-sekolah negeri.

Kepala Dinas Dikpora Solo mengakui, di Solo ada beberapa sekolah negeri yang memungkinkan untuk pelaksanaan full day school. Namun untuk merealisasikan program itu tetap harus melihat kesiapan sekolah, terutama dari sisi sarana prasarana yang harus memadai hingga memberi kenyamanan untuk para siswa yang akan menjalani waktu mereka seharian di sekolah.

“Untuk sekolah negeri terutama, harus diakui di Solo sebagian besar sekolah memang masih banyak yang belum (memadai) untuk full day school tersebut,” ungkapnya.

Lain halnya dengan beberapa sekolah swasta yang memang dikonsep untuk sistem full day school, menurut Etty, tentunya sekolah-sekolah tersebut sudah siap untuk sistem tersebut. Di Solo juga telah ada beberapa sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA yang menerapkan sistem itu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge