0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PON 2016, Empat Pembalap Sepeda Jateng Siap Tempur

Kejurnas Balap Sepeda di Velodrome Manahan, beberapa waktu lalu (dok.timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Empat atlet balap sepeda dari Kontingen Jateng, siap tempur menghadapi persaingan di PON XIX Jawa Barat 2016. Endra Wijaya, Andriyan Hidayat, Warseno, dan Jefri Irawan dijadwalkan mulai adu kebut di jalur tanjakan Kabupaten Subang dan finish di kawasan Gunung Tangkuban Perahu sepanjang 140 Km, Jumat (22/9).

Endra Wijaya memimpin rekan-rekannya dalam kondisi siap 100 persen dan telah beradaptasi dengan medan dan cuaca. Hanya saja, program latihan di sana tak maksimal karena terkendala curah hujan. Selama pemusatan latihan dengan jalur Subang-Tangkuban Perahu dinilai Endra juga menajdi handicap. Para pembalap diakuinya harus menjajal medan saat pagibuta untuk mengindari kemacatan. Itupun tak bisa menempuh jarak tang diinginkan.

“Agenda latihan sempat terkendala hujan yang hampir tiap hari. Praktis saat pemusatan latihan tidak bisa full menempuh rute panjang. Berbeda saat di Solo lebih lancar jadi bisa maksimal mengeluarkan tenaga,” ungkap kata Endra saat dihubungi wartawan, Selasa (20/9).

Kendati demikian, hal tersebut baginya jangan sampai menjadi kendala. Pihaknya cukup hafal dengan rute tersebut sejak beberapa tahun silam, termasuk saat menjadi arena SEA Games 2011. Sejumlah titik yang dianggap berat antara lain berada di empat kilometer menjelang finish.

Empat pembalap itu sebelumnya memang digembleng menjalani program jalur panjang, rolling dan tanjakan. Mereka berlatih di jalur ekstrem Mojogedang-Kemuning-Candi Cetho, serta rute lereng Gunung Lawu. Selain itu, mereka juga digenjot rute Solo- Sukoharjo-Ngadirojo-Wonogiri yang memiliki karakter lintasan rolling.

“Nanti tinggal main strategi saja saat balapan. Untuk persiapan semuanya sudah lancar tinggal eksekusi,” tukas Endra.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge