0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Diminta Tanggapi Keluhan PKL Gerobak Kuning

dok.timlo.net/ichsan rosyid
Ilustrasi PKL Gerobak Kuning, eks city walk Solo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Kalangan legislatif mengingatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menanggapi keluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) Gerobak Kuning di kawasan Sriwedari. Mereka meminta supaya Pemkot menjalin komunikasi seiring realisasi pembangunan shelter PKL dikawasan tersebut.

“Kami ingin, kedua belah pihak khususnya Pemkot menjalin komunikasi intens. Sehingga, jika ada perubahan terkait pembangunan shelter tidak menimbulkan gejolak di kemudian hari,” terang Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Umar Hasyim, Selasa (20/9).

Pihaknya, kata Umar, sangat memahami kekecewaan yang dirasakan para pedagang. Namun, dirinya berharap kekecewaan tersebut masih dalam tingkat kewajaran. Di sisi lain, Pemkot dalam hal ini Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) hendaknya memberi penjelasan perihal perubahan konsep yang mereka lakukan. Dirinya yakin, para PKL akan memahami hal itu apabila diajak berkomunikasi dengan baik.

“Saya kira kalau disampaikan dengan baik, mereka akan paham. Namun pedagang harus diberi ruang untuk memberikan masukan sesuai koridor dan tak seenaknya sendiri,” jelasnya.

Masalah, lanjut Umar, tak akan terjadi jika kedua belah pihak saling berkomunikasi. Dengan begitu, ada titik temu untuk memecahkan persoalan.

“Jangan saling ngotot. Pemkot harus memastikan kebijakan seminim mungkin tak merugikan masyarakat. Kami berharap citra Pemkot yang komunikatif dengan masyarakat jangan sampai tercoreng,” tandasnya.

Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (FDNR) DPRD Kota Solo, Supriyanto mengatakan, masukan dari pedagang menjadi bagian penting dari dasar pembangunan. Hal itu bagian dari antisipasi problem pembangunan di kemudian hari.

“Tapi kalau sudah jadi, ya mau tidak mau harus menerima. Tapi Pemkot juga harus menampung keluhan pedagang, supaya ada solusi,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge